MAKALAH MENGANALISIS KURIKULUM DASAR (KD)
MAKALAH
MENGANALISIS KURIKULUM DASAR (KD)
Disusun Oleh:
Moh. ‘Abdul Faqih
(20116939)
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLOTUL ULAMA
IAINU KEBUMEN
TAHUN 2021
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita haturkan kepada Allah
SWT yang mana telah memberikan rahmat, taufik, hidayah, serta inayahnya kepada
kita. Sehingga kita dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Menganalisis
Kurikulum Dasar (KD)” tanpa ada halangan. Makalah ini kami kerjakan dengan
maksimal berkat kerjasama kelompok. Karena itu,
saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah berkontribusi
secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.
Diluar itu, penulis sebagai manusia
biasa menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan
makaalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh
sebab itu dengan segala kerendahan hati, kami selaku penyusun menerima segala
kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Demikian yang bisa kami
sampaikan,semoga makalah ini menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberi
manfaat.
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Peningkatan mutu pendidikan bisa dimulai dari suatu
pembaruan dan penyempurnaan sistem pendidikan secara menyeluruh agar bangsa ini
dapat bersaing pada era global yang semakin kompetitif. Dalam rangka melakukan
pembeharuan sistem pendidikan tersebut, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan
(Kemendikbud) sedang melakukan penyempurnaan kurikulum nasional untuk jenjang
pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, dan menengah pertamayang
diberlakukan mulai tahun pelajaran 2013/2014.
Kurikulum
pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa kali penyempurnaan.
Penyempurnaan kurikulum dilakukan untuk menyesuaiakan pendidikan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Kurikulum sebagai pedoman
mengajar mempunyai karakteristik fleksibel dalam kurun waktu tertentu harus
direnovasi sehingga mempunyai nilai inovatif dan komunikatif. Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1 ayat (1)
menyebutkan bahwa, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa, dan negara
BAB II
PEMBAHASAN
A. Menganalisis
konsistensi kompetensi dasar dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan kurikulum
2013 siswa kelas X MAN
Berdasarkan hasil yang didapat, mengenai konsisitensi pokok
bahasan eksposisi dengan struktur eksposisi, dengan KD pada evaluasi guru,
konsistensi KD dengan indikator pada evaluasi guru dan indikator dengan tes
soal pada RPP dalam evaluasi guru. Keempat temuan tersebut ditemukan bahwa
sebelum melakukan pembelajaran guru terlebih dahulu menyiapkan RPP.
Berdasarkan hasil temuan yang peneliti lakukan bahwa guru
berusaha untuk menarik atau membawa perhatian siswa pada materi pelajaran yang
baru. Selain itu guru memusatkan materi pelajaran pada pembelajaran teks
eksposisi. Materi yang disampaikan tidak melebar pada materi-materi yang lain,
sesuai dengan apa yang terdapat dalam RPP. Dalam pembelajaran guru selalu
mengurutkan materi dari yang terendah hingga yang ke kompleks. Siswa dan guru
memiliki hubungan yang sangat akrab, tujuan guru yaitu agar siswa tidak merasa
ketakutan dalam proses pembelajaran, sehingga guru menempatkan posisinya sebagi
teman siswa. Setelah pembelajaran selesai, guru dan siswa secara bersama-sama
menyimpulkan pembelajaran.
Sejalan dengan hal tersebut teori, yaitu yang disampaikan
oleh (Sardiman, 2011) bahwa aspek materi terdiri dari lima item, yang pertama
adalah interes. Dalam hal inilah usaha guru untuk menarik atau membawa
perhatian siswa pada materi pelajaran yang baru.. Kedua adalah titik pusat,
titik pusat di sini ialah bahwa apa yang diuraikan, dikemukakan dan dijelaskan
oleh guru benar-benar terpusat pada bahasa yang digunakan. Ketiga adalah rantai
kognitif, ialah urutan-urutan atau sistematika dalam penyampaian bahan
pelajaran. Keempat adalah kontak, yang dimaksud kontak dalam hal ini menyangkut
hubungan batiniah antara guru dan siswa dalam kaitannya dengan bahan yang
sedang dibahas bersama. Dan aspek yang terakhir menurut Sardiman adalah
penutup, guru menutup materi pelajaran dengan baik, yaitu dengan menyimpulkan
secara bersama tentang materi yang telah dipelajari.
Berdasarkan
hasil penelitian yang diuraikan sebelumnya bahwa evaluasi yang dibuat oleh guru
untuk mengukur pengetahuan siswa belum sesuai dengan isi RPP. Hal tersebut
menunjukkan bahwa tes yang dibuat oleh guru belum mencerminkan apa yang hendak
diukur, dengan demikian penyusunan soal yang dibuat oleh guru yang digunakan
dalam evaluasi pembelajaran eksposisi pada kelas X MAN Patas perlu
memperhatikan KD dalam tiap butir soal yang terhadapat pada RPP sihingga
kemampuan berpikir siswa semakin kritis dan siswa tidak hanya memiliki
kemampuan secara konseptual saja melainkan juga memiliki kemampuan yang lain.
Dari hasil uji KD , KD dengan Indikator dan indikator dengan soal dapat
disimpulkan bahwa ditemukan beberapa butir soal sudah mencerminkan KI, KD,
Indikator, namun dari 20 soal yang dibuat oleh guru lebih banyak terdapat soal
yang tidak sesuai dengan KI, KD dan indikator. Hal tersebut menunujukkan
pengetahuan guru dalam penyusunan soal masih kurang. Hal ini merujuk pada
pendapat Surapranata, (Dwipayani, 2013:68) yang menyatakan bahwa jika
keseluruhan soal sesuai dengan isi kurikulum, maka soal tersebut bisa
disimpulkan mempunyai kriteria soal yang tinggi, dan jika ada beberapa soal
yang tidak sesuai dengan isi kurikulum, maka kriteria soal tersebut rendah.
Dengan demikian soal yang digunakan oleh guru untuk mengevaluasi hasil
pembelajaran sudah dapat dikatakan belum memiliki kriteria soal yang baik
karena soal belum sesuai dengan KI, KD dan indikator yang tercermin pada isi
RPP.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian
menegenai konsistensi KD, Indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran
eksposisi berdasarkan kurikulum siswa kelas X MAN
dapat diambil kesimpulan sebagai berkut :
konsistensi
pokok bahasan/materi eksposisi dengan struktur eksposisi yang disampaikan
selama proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 siswa kelas X MAN dapat
dikatakan sudah konsisiten, hal tersebut dikarenakan sebelum mengajar guru
mempersiapkan RPP terlebih dahulu sehingga dalam pembelajaran guru selalu
berpedoman pada RPP. Penyampaian pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan
siswa dapat dikatakan berhasil dan terarah karena dalam pembelajaran guru sudah
menyampaikan materi-meteri yang terdapat dalam RPP, misalnya struktur
eksposisi, yang didalamnya terdapat pernyataan pendapat, argumentasi dan
penegasan ulang pendapat/kesimpulan. Selain menyampaikan struktur guru juga
sudah menyampaikan ciri bahasa eksposisi dan kaidah dalam eksposisi.
Keberhasilan penyampaian pembelajaran dapat diperhatikan dengan langkah-langkah
pembelajaran yang dilakukan guru seperti langkah-langkah pembelajaran yang
terdapat dalam RPP.
Konsistensi
kompetensi inti dengan kompetensi dasar pada evaluasi guru dalam pembelajaran
eksposisi berdasarkan Kurikulum 2013 siswa kelas X MAN , ditemukan belum
konsisiten dan kualitasnya masih rendah karena setiap butir soal yang digunakan
oleh guru dalam evaluasi pembelajaran tidak sesuai pada KI dengan KD yang
tercermin dalam RPP.
Konsistensi kompetensi
dasar dengan indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi
berdasarkan Kurikulum 2013 siswa kelas X MAN belum konsisten dan kualitasnya
masih rendah, karena dalam penyusunan soal masih banyak soal yang belum
mencerminkan KD dengan indikator dalam hal ini guru kurang memperhatikan isi
yang terdapat pada RPP.
DAFTAR PUSTAKA
Ferazona,
Safita. 2013. Analisis Keseuaian Materi Instrumen Evaluasi Hasil Belajar
Biologi dengan Tuntutan Kompetensi Dasar di SMA Kota Bandung. Tesis Jurusan
Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ismawati,
Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.2014.
Posting Komentar untuk "MAKALAH MENGANALISIS KURIKULUM DASAR (KD)"