Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
HIDUP SEDERHANA PEMIKIRAN JANGAN SEDERHANA

MAKALAH MENGANALISIS KURIKULUM DASAR (KD)

 MAKALAH

MENGANALISIS KURIKULUM DASAR (KD)

Disusun Oleh:

Moh. ‘Abdul Faqih (20116939)

 

 

INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLOTUL ULAMA

IAINU KEBUMEN

TAHUN 2021

 

KATA PENGANTAR

 

                Puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT yang mana telah memberikan rahmat, taufik, hidayah, serta inayahnya kepada kita. Sehingga kita dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Menganalisis Kurikulum Dasar (KD)” tanpa ada halangan. Makalah ini kami kerjakan dengan maksimal berkat kerjasama kelompok. Karena itu,  saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.

Diluar itu, penulis sebagai manusia biasa menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makaalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati, kami selaku penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Demikian yang bisa kami sampaikan,semoga makalah ini menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberi manfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Peningkatan mutu pendidikan bisa dimulai dari suatu pembaruan dan penyempurnaan sistem pendidikan secara menyeluruh agar bangsa ini dapat bersaing pada era global yang semakin kompetitif. Dalam rangka melakukan pembeharuan sistem pendidikan tersebut, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) sedang melakukan penyempurnaan kurikulum nasional untuk jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, dan menengah pertamayang diberlakukan mulai tahun pelajaran 2013/2014.

Kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa kali penyempurnaan. Penyempurnaan kurikulum dilakukan untuk menyesuaiakan pendidikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Kurikulum sebagai pedoman mengajar mempunyai karakteristik fleksibel dalam kurun waktu tertentu harus direnovasi sehingga mempunyai nilai inovatif dan komunikatif. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1 ayat (1) menyebutkan bahwa, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa, dan negara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

      PEMBAHASAN

 

 

A.    Menganalisis konsistensi kompetensi dasar dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas X MAN

 

 

 

Berdasarkan hasil yang didapat, mengenai konsisitensi pokok bahasan eksposisi dengan struktur eksposisi, dengan KD pada evaluasi guru, konsistensi KD dengan indikator pada evaluasi guru dan indikator dengan tes soal pada RPP dalam evaluasi guru. Keempat temuan tersebut ditemukan bahwa sebelum melakukan pembelajaran guru terlebih dahulu menyiapkan RPP.

Berdasarkan hasil temuan yang peneliti lakukan bahwa guru berusaha untuk menarik atau membawa perhatian siswa pada materi pelajaran yang baru. Selain itu guru memusatkan materi pelajaran pada pembelajaran teks eksposisi. Materi yang disampaikan tidak melebar pada materi-materi yang lain, sesuai dengan apa yang terdapat dalam RPP. Dalam pembelajaran guru selalu mengurutkan materi dari yang terendah hingga yang ke kompleks. Siswa dan guru memiliki hubungan yang sangat akrab, tujuan guru yaitu agar siswa tidak merasa ketakutan dalam proses pembelajaran, sehingga guru menempatkan posisinya sebagi teman siswa. Setelah pembelajaran selesai, guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan pembelajaran.

 

Sejalan dengan hal tersebut teori, yaitu yang disampaikan oleh (Sardiman, 2011) bahwa aspek materi terdiri dari lima item, yang pertama adalah interes. Dalam hal inilah usaha guru untuk menarik atau membawa perhatian siswa pada materi pelajaran yang baru.. Kedua adalah titik pusat, titik pusat di sini ialah bahwa apa yang diuraikan, dikemukakan dan dijelaskan oleh guru benar-benar terpusat pada bahasa yang digunakan. Ketiga adalah rantai kognitif, ialah urutan-urutan atau sistematika dalam penyampaian bahan pelajaran. Keempat adalah kontak, yang dimaksud kontak dalam hal ini menyangkut hubungan batiniah antara guru dan siswa dalam kaitannya dengan bahan yang sedang dibahas bersama. Dan aspek yang terakhir menurut Sardiman adalah penutup, guru menutup materi pelajaran dengan baik, yaitu dengan menyimpulkan secara bersama tentang materi yang telah dipelajari.

Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan sebelumnya bahwa evaluasi yang dibuat oleh guru untuk mengukur pengetahuan siswa belum sesuai dengan isi RPP. Hal tersebut menunjukkan bahwa tes yang dibuat oleh guru belum mencerminkan apa yang hendak diukur, dengan demikian penyusunan soal yang dibuat oleh guru yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran eksposisi pada kelas X MAN Patas perlu memperhatikan KD dalam tiap butir soal yang terhadapat pada RPP sihingga kemampuan berpikir siswa semakin kritis dan siswa tidak hanya memiliki kemampuan secara konseptual saja melainkan juga memiliki kemampuan yang lain. Dari hasil uji KD , KD dengan Indikator dan indikator dengan soal dapat disimpulkan bahwa ditemukan beberapa butir soal sudah mencerminkan KI, KD, Indikator, namun dari 20 soal yang dibuat oleh guru lebih banyak terdapat soal yang tidak sesuai dengan KI, KD dan indikator. Hal tersebut menunujukkan pengetahuan guru dalam penyusunan soal masih kurang. Hal ini merujuk pada pendapat Surapranata, (Dwipayani, 2013:68) yang menyatakan bahwa jika keseluruhan soal sesuai dengan isi kurikulum, maka soal tersebut bisa disimpulkan mempunyai kriteria soal yang tinggi, dan jika ada beberapa soal yang tidak sesuai dengan isi kurikulum, maka kriteria soal tersebut rendah. Dengan demikian soal yang digunakan oleh guru untuk mengevaluasi hasil pembelajaran sudah dapat dikatakan belum memiliki kriteria soal yang baik karena soal belum sesuai dengan KI, KD dan indikator yang tercermin pada isi RPP.

 

           

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian menegenai konsistensi KD, Indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan kurikulum siswa kelas X  MAN dapat diambil kesimpulan sebagai berkut :

konsistensi pokok bahasan/materi eksposisi dengan struktur eksposisi yang disampaikan selama proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 siswa kelas X MAN dapat dikatakan sudah konsisiten, hal tersebut dikarenakan sebelum mengajar guru mempersiapkan RPP terlebih dahulu sehingga dalam pembelajaran guru selalu berpedoman pada RPP. Penyampaian pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dapat dikatakan berhasil dan terarah karena dalam pembelajaran guru sudah menyampaikan materi-meteri yang terdapat dalam RPP, misalnya struktur eksposisi, yang didalamnya terdapat pernyataan pendapat, argumentasi dan penegasan ulang pendapat/kesimpulan. Selain menyampaikan struktur guru juga sudah menyampaikan ciri bahasa eksposisi dan kaidah dalam eksposisi. Keberhasilan penyampaian pembelajaran dapat diperhatikan dengan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru seperti langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam RPP.

Konsistensi kompetensi inti dengan kompetensi dasar pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan Kurikulum 2013 siswa kelas X MAN , ditemukan belum konsisiten dan kualitasnya masih rendah karena setiap butir soal yang digunakan oleh guru dalam evaluasi pembelajaran tidak sesuai pada KI dengan KD yang tercermin dalam RPP.

 Konsistensi kompetensi dasar dengan indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan Kurikulum 2013 siswa kelas X MAN belum konsisten dan kualitasnya masih rendah, karena dalam penyusunan soal masih banyak soal yang belum mencerminkan KD dengan indikator dalam hal ini guru kurang memperhatikan isi yang terdapat pada RPP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Ferazona, Safita. 2013. Analisis Keseuaian Materi Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Biologi dengan Tuntutan Kompetensi Dasar di SMA Kota Bandung. Tesis Jurusan Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2014.

 

Posting Komentar untuk "MAKALAH MENGANALISIS KURIKULUM DASAR (KD)"